10 Alasan Kamu Harus Belanja di Pasar Tradisional. Jangan Berkata Gengsi sebelum Baca ini!

besoksenin.co – Sobat bsco merasa bosan di rumah terus? Ingin pergi keluar rumah, tapi bingung mau kemana? Mmm… Ke pasar tradisional saja yuk! Eitsss jangan mengernyitkan kening dulu sob! Jangan anggap remeh kalau kamu belanja di pasar tradisional, nanti begini dan nanti begitu. Sobat bsco kudu tahu alasannya kenapa kamu harus belanja di pasar tradisional? Coba cek 10 alasan di bawah ini!

1. Kamu bisa tawar-menawar, ini cocok untuk kamu yang hobi berdebat

tawar menawar di pasar tradisional
Kamu bisa tawar-menawar sampai puas di sini, jangan lupa dibayar yaaa via Winda Nurfitriani

Hallo kaum hawa! Kalian suka tawar-menawar jika membeli sesuatu? Nah, tempat ini cocok buat kamu kunjungi. Di pasar tradisional kamu lebih leluasa untuk menawar apapun yang akan kamu beli. Tapi jangan pake sadis ya sob!! Cukup Afgan aja yang sadis, kamu mah jangan! Ayo, asah keahlian debat kamu di pasar tradisional, hehe berdebat dengan penjual tentunya.

2. Di pasar tradisional lebih lengkap dan banyak pilihannya. Kalau aku sih cuma pilih kamu aja deh!

Pasar Cigasong barangnya lengkap
Beli apapun ada di pasar tradisional, lengkap dan banyak pilihannya via Winda Nurfitriani

Sobat bsco jangan kebingungan kalau belanja di pasar tradisional, karena barang-barang yang dijual di sana banyak pilihannya, kamu tinggal pilih saja maunya apa. Sayuran? Buah-buahan? Daging ayam? Sapi? Atau ikan asin? Hmmmm… semua ada, kamu pilih saja maunya yang mana. Selain itu, ada juga pakaian, tas, sepatu dan aksesoris lainnya bisa kamu dapatkan di pasar tradisional. Lengkap deh pokoknya, kamu tidak perlu pindah-pindah tempat buat nyari yang kamu butuhin. Tapi kalau sobat bsco butuh aku, nyarinya jangan ke pasar ya, hehehe.. ke rumah aku aja sob! RT 5 RW 3, 10 nomor rumahku jalannya jalan cinta, tarik maaaaang (ooopsss.. malah nyanyi). So, tunggu apalagi, yuk ke rumahku! Eh.. eh.. eeehh maksudnya ke pasar tradisional, maaafkan yaaa.. pokoknya di sana kamu bisa menghemat waktu kalau mau beli ini dan itu, banyak pilihannya dan juga lengkap.

3. Belanja di Pasar tradisional berarti kamu mencintai produk Indonesia

Produk yang dijual asli dari dalam negeri
Ayo cintai produk Indonesia, jangan cintai sang mantan aja sob via Winda Nurfitriani

Kebanyakan produk yang dijual di pasar tradisional adalah produk dalam negeri. Misalnya saja sayuran, rata-rata yang dijual adalah hasil dari petani lokal. Maka, kalau kita berbelanja di pasar tradisional itu berarti kita mencintai produk dalam negeri.

4. Ke pasar tradisional gak usah tampil kece dan gak perlu dandan sob! Apalagi pakai kebaya, mau belanja atau ke kondangan?

Kesibukan di Pasar Cigasong
Ga usah dandan menor dan tampil trendy kalau kesini via Winda Nurfitriani

Buat ibu-ibu, gadis remaja, dan seluruh perempuan sejagat raya yang suka belanja ke pasar tradisional, mereka termasuk orang-orang yang simpel. Bahkan menomor tigakan masalah penampilan. Gimana enggak? Cewek-cewek yang ke pasar tradisional gak usah dandan menor. Gak perlu pakai lipstik merah darah, gak usah pake pensil alis, bahkan bulu mata palsu, kagak usah deh. Kamu nanti dikira badut yang tersesat di pasar dan tak tahu arah jalan pulang, aku tanpamu butiran debu (nah lho nyanyi lagi). Kamu cukup berpenampilan biasa saja sob, yang penting bikin kamu nyaman (kaya kamu, iya ka..mu selalu bikin aku nyaman, ehm..). Selain berjaga-jaga takut jadi incaran copet, penampilan yang biasa saja gak bikin kamu ribet. Bayangin aja sob, kamu ke pasar tradisional memakai bedak berlapis-lapis, lalu lipstik, ditambah bulu mata palsu, dan juga memakai kebaya, ditambah highheels, OMG kamu perempuan tercetar yang masuk pasar tradisional dan bakal jadi pusat perhatian. Jangan-jangan kamu malah disangka seorang bidadari yang kebingungan mencari tempat hajatan resepsi sang mantan 🙁 enggak banget kan sob? Ya udah, ke pasar tradisional kamu gak perlu ribet dandan dan gak usah bingung nyari baju yang bagus, yang terpenting dompet kamu ada duitnya!

5. Di Pasar Tradisional kamu bisa berinteraksi dan akrab dengan penjual. Cocok nih buat yang jomblo, siapa tahu cinta kamu berawal dari pasar tradisional

Pedagang di pasar Cigasong
Cepat akrab dan mengasyikan kalau belanja di pasar tradisional via Winda Nurfitriani

Kalau sobat bsco sering belanja ke Pasar Tradisional, kamu pastinya akan berinteraksi langsung dengan penjualnya, apalagi kalau kamu sudah langganan. Penjual akan tahu dan hapal betul apa saja yang akan kamu beli, sobat bsco juga bisa mendapatkan bonus atau penjual akan ngasih lebih apa yang kita beli, lumayan kan?

6. Pagi hari Pasar Tradisional sudah buka lho, buktikan saja sob!

buah di pasar tradisional
Gak hanya di siang hari buah ini ada di pasar tradisional, dini hari pun sudah ada via Winda Nurfitriani

Jam dua dini hari ingin bikin salad sayur dan buah? Tapi pas di cek kulkas kosong, eitss gak usah panik sob. Kamu gak perlu nungguin supermarket buka di siang hari, cukup pergi saja ke pasar tradisional, di sana sobat bsco bisa membeli sayur dan buah disaat orang lain terlelap tidur, wiiiihh.. ajaib ya? (engga juga ah biasa aja, emangnya kapur pake ajaib segala). Di pasar tradisional, dini hari sudah melakukan transaksi jual beli, gak percaya? Buktiin aja sob datang ke pasar tradisional dini hari, pasti sudah rame dan kamu sudah bisa membeli sayuran dan buah-buahan di sana. Tapi untuk penjual pakaian, tas, dan aksesoris lainnya biasanya tidak sepagi buta itu mereka membuka kios-kiosnya. Jadi kebanyakan yang buka dini hari itu adalah pedagang buah, sayur, dan sebagian pedagang makanan ringan.

7. Barang yang dijual harganya lebih murah. Ini mah yang dicari sama sobat bsco banget deh, harga murah meriah

Pedagang sayuran di pasar cigasong
Harganya murah meriah via Winda Nurfitriani

Ke pasar tradisional gak bakal bikin dompetmu tipis setipis triplek lho, buktikan deh belanja sayuran ke pasar tradisional. Di sana kamu akan pulang dengan membawa banyak sayuran yang dibeli dengan harga murah. Berbeda jika kamu beli sayuran di supermarket, kamu hanya membawa sayuran sedikit tapi harganya melambung tinggi. Duh kasian dompetnya nangis karena harganya yang jauh lebih mahal jika dibandingkan kalau kamu beli sayuran di pasar tradisional. Masih gengsi belanja di pasar tradisional? Hempas cantik gengsimu sob, demi harga murah.

 8. Dukung usaha kecil dengan berbelanja di pasar tradisional

para pedagang pasar cigasong
Ayo dukung usaha kecil via Winda Nurfitriani

Kalau mendukung orang yang kamu sayangi itu sih sudah biasa sob. Tapi kalau kamu mendukung usaha kecil itu baru kamu luar biasa, kece abis! Para pedagang di pasar tradisional rata-rata usahanya itu bermodalkan kecil, lain halnya dengan supermarket yang memiliki modal dan omset besar. Bayangkan saja, jika para pedagang di pasar tradisional itu omsetnya menurun, otomatis para produsen, seperti peternak, petani, dan semua yang mengandalkan perusahaan tradisional untuk menjual produknya akan menurun juga penghasilannya. Jadi kalau kamu belanja di sana, itu artinya kamu ikut mendukung usaha kecil sob!

9. Produk yang dijual di Pasar Tradisional lebih segar

Pedagang pasar cigasong menjual produk yang segar
Produk yang dijual lebih segar via Winda Nurfitriani

Produk yang dijual di pasar tradisional selain banyak pilihan dan lengkap, produk yang dijualnya juga lebih segar. Kebanyakan pedagang di pasar tradisional tidak mempunyai lemari pendingin untuk menyimpan sayuran, buah dan produk lainnya supaya lebih segar seperti di supermarket. Tetapi para pengepul biasanya menyetok barang pada dini hari untuk dijual pada hari itu juga, sehingga produk yang dijual lebih segar. Begitu pula setiap harinya akan berlangsung seperti itu. Hal itu memudahkan pembeli untuk memilih sayur, buah, dan produk yang masih bagus untuk dibeli. Jangan ragu belanja di pasar tradisional!!

10. Pasar tradisional dekat dengan pemukiman

pasar cigasong majalengka
pasar tradisional dekat dengan rumah warga via WindaNurfitriani

Pasar tradisional lebih mudah dijangkau karena letaknya dekat dengan pemukiman warga. Biasanya di satu kabupaten pasar tradisional ada di per kecamatan, sehingga itu memudahkan warga untuk membeli kebutuhannya sehari-hari.

Setelah kamu tahu 10 hal di atas, kira-kira alasan mana yang kamu banget sob?

Editor: Riksa Buanadewi

Ditulis oleh Winda Nurfitriani

Jangan Klik "Lihat profil lengkap"

Lihat profil lengkap