Home > lainnya > 10 Kenangan Tentang SMPN 3 Majalengka dalam Ingatan Seorang Alumni. Mengingatnya Membuat Ingin Bersekolah Disana Lagi
UPTD SMP 3
Kau berdiri kokoh disana - via sekolahkita

10 Kenangan Tentang SMPN 3 Majalengka dalam Ingatan Seorang Alumni. Mengingatnya Membuat Ingin Bersekolah Disana Lagi

besoksenin.co – Andaikan waktu itu sudah secanggih saat ini,mungkin aku akan menceritakan tentangmu lebih dari ini. Menceritakan bagaimana kisah awal mula mu yang berintegrasi dari Sekolah Kesejahteraan Keluarga Pertama Negeri (SKKPN) Majalengka hingga akhirnya  menjadi SMP Negeri 3 Majalengka. Dilansir dari web OSIS Netima, proses integrasi ini bermula karena semakin menurunnya minat orang tua siswa lulusan SD yang memasukkan anaknya ke SKKPN seperti  yang dituturkan oleh Bapak Iman Suardi dalam tulisan sejarah SMPN 3 Majalengka . Waktu penulis masih bersekolah disana, beliau adalah seorang guru matematika yang begitu menyenangkan saat mengajar.

SMP 3 Majalengka via G
Gerbang sekolah SMP 3 Majalengka via googlemap

Mungkin kita tak sama generasi tapi mari kita bernostalgia bagi sesama alumni SMP 3 Majalengka. Yang suasananya tetap asri hingga kini. Apakah kalian juga pernah mengalami hal-hal yang sama seperti ini semasa bersekolah disana?

1.Kertas ulangan yang begitu ekonomis

“Hari ini kita ulangan ya anak-anak” ujar Bu Tati guru biologi kami.

“Senzi…bagi dong kertasnya”

“Tapi gak ada penggaris buat ngebagi kertasnya nih” ujar Senzi yang memang paling gak suka kalo pinggiran kertasnya gak rapi

“Ya udah…sini biar aku aja yang bagi kertasnya” akhirnya Alma menjilat lipatan kertas dan membagi dua kertasnya

Ih…buat kamu aja deh semua kertasya”

kerta ulangan
Kertas ulangan biologi via dokumen pribadi

Apakah kamu sering melakukan hal seperti itu ? Lebih daripada itu, Kamu harus bangga karena guru kita mengajarkan sikap ekonomis. Dan berterima kasih lah berkat itu soal ulangan yang diberikan gak panjang-panjang. Tapi sayangnya ini ini gak berlaku untuk ulangan matematika, fisika ataupun sejarah apalagi mengulang cerita diantara kita.

apalagi mengulang cerita diantara kita

2. Muatan lokal Tata busana bukti bahwa SMP 3 mempersiapkanmu agar terampil mengurus keluargamu.

Tusuk Jahit strimin via kreasi titi
Pengenalan macam-macam tusuk hias diberikan saat kelas 7 via kreasi titi

Setidaknya kamu tidak perlu ke tukang jahit kalau hanya sekedar untuk memasang kancing bajumu yang terlepas. Pada saat siswa perempuan asyik dengan pelajaran tata busana dan membuat pola pakaian maka siswa laki-laki akan asik dengan pelajaran elektro nya.

Beruntunglah kalau kamu termasuk generasi alumni yang pernah mendapatkan mata pelajaran satu ini, karena salah satu keutungannya adalah kamu punya jawaban saat calon mertuamu menanyakan, apa keahlianmu.

3. Lomba kebersihan antar kelas

Kompetisi antar kelas ini menjadi kompetisi rutin yang juaranya akan diumumkan setiap hari senin setelah upacara bendera. Bukan sekedar bersih dan indah, namun kelengkapan kelas juga menjadi penilaian. Mulai dari wadah yang harus terisi air, ada tanaman, peralatan kebersihan yang lengkap, dan tentunya bukan sekedar ada, tapi bisa digunakan, ada daftar piket, jadwal pelajaran, denah tempat duduk, serta papan daftar siswa yang update, minimal tanggalnya. Apakah kelas kalian dulu termasuk juara bertahan setiap minggu di lomba kebersihan ini?

4. Siap-siaplah malu saat isi kotak infaq kelasmu diumumkan nol rupiah

infaq via wajibbaca
Menyisihkan sebagian uang jajanmu tak lantas membuatku kekurangan via wajibbaca

Nah, satu lagi nih yang biasanya diumumin pas hari senin. Biasanya Pak Mahmud atau Pak Sukman, akan mengumumkan perolehan infaq setiap minggu, disusul pengumuman kelas dengan infaq paling tinggi, dan tak ketinggalan kelas yang infaqnya nol rupiah. Biasanya kita ketawa-ketawa, wali kelasnya yang tutup muka.

Biasanya kita ketawa-ketawa, wali kelasnya yang tutup muka.

5. Datang ke perpustakaan cuma untuk meminjam komik serial cantik

komik-serial-cantik via anne ahira
Awas baper, padahal ini cuma bacaan komik via anneahira

Kalau kalian termasuk salah satu alumni yang senang berkunjung  ke perpustakaan, pasti tahu stok komik di perpustakaan yang lumayan cukup banyak. Apakah kalian alumni yang paling sering meminjam komik serial cantik dibandingkan dengan buku-buku pelajaran? Selamat masa sekolah kalian mungkin menyenangkan dan mungkin kita seangkatan.

6. Bertaubatlah jika kamu pernah darmaji di kantin kenung

Sejumlah siswa mengambil uang kembalian berbelanja di Kantin Kejujuran SMP Negeri 1 Kediri, Jawa Timur
Hayoo yang jujur ya via antaranews

Darmaji, dia bukan nama seseorang, tapi itu singkatan dari dahar lima ngaku hiji (makan lima tetapi ngaku satu). Bertaubatlah kalian dan bayarlah sekarang jika kamu pernah melakuan hal itu di kantin kenung. Kantin yang letaknya strategis buat ngumpet. Karena dibelakang perpus dan gak jauh dari toilet.

Darmaji, dia bukan nama seseorang, tapi itu singkatan dari dahar lima ngaku hiji (makan lima tetapi ngaku satu)

7. Ujian praktek seni tari yang harus dandan total maksimal

753px-Jaipongan_Bunga_Tanjung_03
Minimal dandan seperti ini waktu ujian praktek via wikimedia

Buat kalian alumni SMP 3 tahun 2002-2005 mungkin pernah dong ngalamin, ujian praktek akhir seni tari harus dandan maksimal layaknya penari sungguhan. Menciptakan formasi tari sendiri untuk tari dengan lagu jaipongan langit biru, tetapi tetap mengikuti gerakan dasar yang sudah diajarkan oleh Bu Erna.  Apakah kalian termasuk angkatan alumni yang mengalami satu hal ini?

8. Merasa jadi “adik kandung” sekolah di seberang sana yang apa-apa merasa sama

Alumni 3D Netima
Masa-masa nunggu kelulusan, nyantai aja di depan kelas via dokumen pribadi

Tidak jarang alumni dari SMPN 3 Majalengka memilih melanjutkan jenjang berikutnya ke sekolah di sebrang (SMAN 1 Majalengka). Maka tak jarang, kita keliru mengingat baik itu guru atau teman semasa SMP padahal itu guru ataupun teman kita yang baru ditemui saat SMA. Ada kebanggaan tersendiri saat bisa bersaing dengan sekolah SMP yang lebih dulu ada (SMP 1 dan SMP 2 Majalengka)

9. Sholat Idul Adha di Sekolah

sholat ied netima
Sholat Idul Adha di sekolah via FB Netima

Hal lain yang pernah menjadi ingatan penulis kala bersekolah disana adalah saat harus sholat Idul Adha di sekolah, apalagi jarak rumah ke sekolah lumayan jauh , harus berganti 2 angkutan kota. Selalu khawatir kesiangan datang untuk melakukan sholat Idul Adha di sekolah bersama teman-teman. Tapi dengan demikian ini menjadi hal yang menyenangkan

10. Study Tour pertama bareng teman dan kesempatan mendekati sang pujaan.

studi tur majalengka
Masa-masa paling indah , masa-masa di sekolah – via maudisspv_16

Tak bisa dipungkiri, saat SMP adalah saat dimana kalian sedikit bisa lebih bebas menentukan apa yang kalian inginkan. Mulailah mencari kesenangan dan juga kenangan. Waktu itu ya! Mungkin beda dengan zaman sekolah sekarang. Borobudur, Prambanan, Malioboro, Museum Dirgantara Yogyakarta selalu menjadi tempat tujuan study tour yang lebih banyak tour-nya ketimbang study-nya.

Bagaimana, apakah kalian alumni pada generasi angkatan yang sama ? atau ada kenangan lain yang begitu membekas di ingatan kalian. Bolehlah komen untuk menambahkan yaaa.

 

Editor : Riza D. Januar

Facebook Comments

About Ita Nita Amaliya

Air Tenang Menghanyutkan Apalagi Kalau Deras!

Check Also

Program City Branding, Majalengka Gandeng New York

Majalengka Gandeng New York? via pixabay Program City Branding, Majalengka Gandeng New York besoksenin.co – …

10 comments

  1. jadi kangen ke smpn 3 majalengka

  2. Alumni angkatan tahun sabaraha nya ieu penulis?
    Sae lah 👌👍

  3. mehan gusha hasrul syafutra al hariri

    sip artikel sangat mengesankan sekaleeeeee

  4. Male Pattern Propecia In Women cialis 20mg for sale Achat De Cialis En France

  5. Propecia Calvitie Priligy Revenue Hydrochlorothiazide Aldoril Secure Medicine п»їcialis Buy Kaluril Without Prescription Spertomax

  6. Propecia Wa Viagra Y Sus Efectos Priligy Plm cheapest cialis 20mg where to purchase discount isotretinoin no prior script overseas Amoxil 20mg Uk Cialis Nebenwirkungen Herzinfarkt

  7. Can Amoxicillin Cause Nausea Roaccutane 5mg cialis for sale Cialis Diario

Tinggalkan Balasan