11 Hal yang Hanya Bisa Dikenang oleh Alumni SMAN 1 Kasokandel

Hal-hal yang hanya dapat dikenang oleh alumni SMAN 1 Kasokandel via SMAN 1 Kasokandel

besoksenin.co – SMAN 1 Kasokandel, mungkin sobat bsco agak abu-abu dengan sekolah ini. Wajar, karena dahulunya sekolah ini bernama SMAN 1 Dawuan dan berganti nama setelah Kasokandel merdeka dari agresi negara Dawuan. Ini bercanda. Jadi, ada pemekaran kecamatan Dawuan, dan letak sekolah yang pada awalnya kelas jauh dari SMAN 1 Jatiwangi ini masuk di teritori kecamatan Kasokandel, berubahlah namanya. Apa saja 11 hal yang hanya bisa dikenang oleh alumni SMAN 1 Kasokandel?

1. Jalan kenangan

Salah satu alasan mengapa kebanyakan orang tidak tahu di mana letak SMAN 1 Kasokandel adalah karena posisinya yang agak masuk ke dalam. Dekat kok, nggak sejauh jarak dari Uruguay ke Hungaria. Mari kita menyebut jalan ini dengan jalan kenangan, sebuah jalan yang kita telusuri sesudah turun angkot, saksi bisu perjalanan siswa-siswi menuju sekolah. Lokasi SMAN 1 Kasokandel bisa menjadi keistimewaan tersendiri, karena bisa membuat kita fokus belajar, tanpa terganggu oleh lalu-lalang dan bising kendaraan di jalan.

2. Kampus yang hijau

Pak Ali dan bunga-bunga untuk kita kenang via SMAN 1 Kasokandel

Apabila kamu agak capek harus kurang lebih berjalan 100 meter dari jalan raya, itu segera terobati ketika memasuki lingkungan sekolah. Langsung disambut bunga-bunga yang memanjakan mata, menyeruput sensasi segar, disambut rumput-rumput dan pepohonan membuat nuansa alami merasuk. Jangan heran kalau sekolah ini dapat penghargaan Adiwiyata sampai tingkat nasional, bahkan seringnya ketika sekolah ini kedatangan tamu, ia mengeluarkan statement seperti “Ini adalah SMA paling hijau, yang pernah saya temui.”

Cewek-cewek SMAN 1 Kasokandel berfoto di rumput via Saltafara

SMAN 1 Kasokandel memang sekolah dengan konsep hijau, bukan berarti temboknya dicat hijau, guru-gurunya pakai seragam berwarna hijau, dan muridnya hulk semua. Konsep hijau di sini adalah alami. SMAN 1 Kasokandel juga memiliki banyak lahan berumput, dan makin ajipnya rumputnya selalu bersih, bikin kamu bersedia untuk mendudukinya dan kadang dipakai sebagai spot foto-foto, kan?

3. Mars SMAN 1 Kasokandel

Di bawah naungan pendidikan

SMA Negeri Kasokandel berdiri

Dalam menggapai cita-cita untuk masa depan

Akan ku junjung tinggi

Citra dan wibawamu

Terima kasih atas bimbinganmu

Kan ku abadikan 

Di bawah naungan pendidikan

Jayalah SMA Negeri Kasokandel

Kamu yang alumni bisa jadi sudah lupa dengan penggalan liriknya? Iya kan? Tetapi saat kamu membaca lirik dari besoksenin.co di atas, seketika kamu bisa langsung ingat, bahkan nggak hanya sekadar membaca, kamu juga akan membacanya sambil ikut menyanyikan, sambil berdiri, sambil meletakan tangan di dada. Ini lagi baca atau mau main bola sih? Lagu ini diciptakan oleh Bapak Asep Gunawan (Asgun), pertama kamu nyanyikan ketika MOPD. Bagi dedek-dedek yang masih sekolah di sini, kalian akan tahu bahwa lagu ini sangat indah ketika perpisahan nanti, bersiap-siaplah.

4. Juara soal tari-tarian

Soal tari-tarian, SMA 1 Kasokandel juaranya

Sudah sejak lama SMAN 1 Kasokandel menginvasi perlombaan tari-tarian tradisional, khususnya di lingkup kabupaten Majalengka. Adalah Bu Nunung Nurhasanah, seseorang yang paling dianggap berjasa dalam kejayaan tari tradisional ini, beliau tidak hanya berhasil, tapi juga bisa meregenerasi dan selalu mencetak para penari andal di tiap tahunnya. Para penari ini tidak hanya disiapkan untuk kompetisi, tapi juga selalu ditunggu saat acara-acara internal; ulang tahun, perpisahan, pernikahan dan lain sebagainya.

Ini juga selalu menyita perhatian nih

Tari modern milik SMAN 1 Kasokandel juga ciamik. Mereka selalu menyita perhatian saat acara-acara besar, juga selalu ada kabar dari mereka juara di suatu kompetisi. Apalagi kebanyakan para dancer ini adalah siswi-siswi yang cantik dan populer, jadilah setiap mereka ada selalu menjadi center point. Cowok juga ada, pada tahun 2012 Break Dance Boy lahir, mereka yang akrab disapa “B-Boy” ini tiba-tiba mengejutkan dan diteriaki oleh cewek-cewek karena perfomance mereka yang keren habis! Kami tidak tahu apakah B-Boy masih ada sampai saat ini, namun pada zamannya mereka selalu berhasil mengundang decak kagum dengan gerakan-gerakan atraktif.

5. Agamis

Para guru yang legend, salah satunya adalah Pak Mumu Mubarok via SMAN 1 Kasokandel

Sekolah ini begitu agamis, terbukti setiap hari islam SMAN 1 Kasokandel selalu memperingatinya dengan meriah; mendirikan panggung, bikin lomba qosidah atau nasyid, ceramah, adzan dan lomba keagamaan lainnya, walaupun biasanya hanya untuk internal sekolah, kadang juga mendatangkan Ustadz kenamaan dari luar. Mungkin acara keagamaan yang selalu meriah ini berkat pengaruh keberadaan Drs. H. Mumu Mubarok, kalian alumni SMAN 1 Kasokandel pasti masih ingat dengan ‘Pak Jenggot’ ya? Beliau memang legend!

6. Musik Terus

Musik terus, goyang terus

Selain acara keagamaan, sekolah ini juga tidak pernah sepi hiburan. Lagi-lagi karena adanya Pak Asgun, selain pandai menciptakan lagu, beliau juga bisa memainkan organ (organ musik, bukan organ tubuh!) Sehingga untuk bikin panggung musik, SMAN 1 Kasokandel akan dengan mudah bisa melaksanakannya, tanpa butuh banyak bantuan dari luar. Penyanyi dangdut pun, sekolah ini seperti gak pernah kehabisan stock – selalu ada penyanyi dangdut di tiap angkatan, tentu saja selain band-band yang menjamur. Masih ingat nggak, saat kamu bernyanyi dan joged bareng teman-teman seperjuangan di SMAN 1 Kasokandel dahulu? Percaya atau tidak, di sini joged seperti sudah tradisi, bahkan kamu yang tidak suka joged pun akan ditarik teman-teman dan dipaksa beraksi saat itu juga, lalu ketawa-ketawa dan bercanda bersama-sama. Seru deh kalau udah joged-joged.

7. Penjaga sekolah

Alumni berfoto dengan Ki Salim via Fiqri Rafiana

Pak Iman, Mas Boy, Ki Salim dan Ki Nawi. Masih ingat dengan nama-nama itu? Yup, mereka adalah barisan penjaga sekolah. Selain menjaga gedung, Nama pertama dan kedua juga adalah pemilik kantin, sehingga kamu bisa nostalgia dengan mereka dalam kenangan di saat istirahat. Ki Salim dan Ki Nawi juga cukup eksis, berkat kepribadian mereka berempat yang kocak dan friendly – mereka bisa memiliki kedekatan emosional dengan para murid. Bahkan di angkatan 2013 ada sekelelompok murid yang menganggap mereka sebagai Ayah angkat, dan jika ada kesempatan kelompok itu kerap menengok sang ‘Ayah’. Luar biasa! Gak hanya berbakti pada guru yah, tetapi juga penjaga sekolah.

8. Alun-alun Kasokandel

Mengapa alun-alun mendapat slot di list ini? Sebab di sana juga banyak kenangan! Terutama sekitaran jalan dari kampus menuju Alun, dan selain sering digunakan untuk lari marathon, tempat itu juga kerap kalian lewati ketika jalan santai, menunggu undian, dan kegiatan ini cukup intens di setiap tahun. Tentu kamu ingat kan ketika jalan sambil ngobrol dengan teman, kemudian menunggu undian.

9. Merry 2

Merry 2 juga nggak boleh dilupakan, sebuah warung di depan kampus samping rumah bambu. Karena dagangannya cukup komplit, kamu yang bersekolah di SMAN 1 Kasokandel pasti pernah jajan di Merry 2.

10. Perpisahan yang menyesakan

Perpisahan yang menyesakkkan

Momen perpisahan adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu di sini, layaknya kebanyakan sekolah; adik kelas yang ingin berfoto dengan kaka kelas, penyerahan piagam. Tapi di perpisahan SMAN 1 Kasokandel ada yang beda, seperti penampilan tari-tarian (yang memang saat perpisahan ini diperlihatkan semua yang keren dari sekolah ini, mungkin untuk bikin siswa kelas 3 bangga, dan gak menyesal sekolah di sini) Satu yang paling ditunggu adalah: drama dari Pengurus OSIS, setiap tahun memang anak-anak OSIS selalu ikut menyumbang acara dengan drama yang gokil abis! Cukup syahdu, ngakak bareng, dan mungkin itu terakhir kalinya kamu tertawa dengan sahabat-sahabat.

Biasanya anak pengurus OSIS menampilkan drama untuk perpisahan seniornya

11. Nggak pernah menyesal sekolah di sini

Saat pertama masuk ke sini, nggak jarang kamu akan memandang sebelah mata (bukan karena memakai kacamata bajak laut). Pada akhirnya, setelah melewati hari-hari yang indah bersama guru-guru, teman-teman yang baik, dan tentu saja kampusnya yang penuh kenangan, kamu akan sadar kalau anggapan itu salah. Kombinasi 1o poin sebelumnya juga akan bikin kamu bangga dan tidak pernah menyesal sekolah di SMAN 1 Kasokandel. Malah selalu bikin kangen, kan? (Tommi Pringadi)

Facebook Comments

Post Author: Tommi Pringadi

Seorang jomblo profesional yang bercita-cita bikin sunatan massal. I am not player, i am the game. :))

4 thoughts on “11 Hal yang Hanya Bisa Dikenang oleh Alumni SMAN 1 Kasokandel

    nono mulyono

    (27 Desember 2017 - 11:50)

    asslamkm. saya alimni tahun 1998-1999 mengucapkan salam untuk semua dan semoga SMAN kita di berkahi, sukses dan maju terus. dan semua alumni menjadi orang yang berguna, berwawasan, bersilaturahmi dan menjadi contoh terbaik untuk semua alumni lain.

    Fakhrul Azharie

    (10 Januari 2018 - 09:16)

    sukses terus alumnus smansakas di manapun berada 🙂

    nadia

    (31 Januari 2018 - 15:58)

    eta pak mumu woyyy harapalan woyyy bahasa arab woyyy hahahahaha

    nunung nuryati

    (1 April 2018 - 13:09)

    Assalamualaikum punten abdi nunung ti kelas bahasa Alumni angkatan 2008/2009 mana ieu? Teu acan ngayakeun reunian tah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.