5 Lagu Pop Sunda Ini Bisa Bikin Kamu Baper Seketika

besoksenin.co – Sobat bsco pasti punya lagu favorit yang memiliki tempat tersendiri di hati sobat. Sebuah lagu dapat menginspirasi dan memotivasi kita lewat liriknya, membuat air mata jatuh seketika, bahkan mampu membuat kenangan masa lalu bisa menyeruak tiba-tiba, akhirnya berujung ingin balikan dengan si dia.

Dari sekian banyak genre, pop menjadi salah satu yang paling disukai oleh dedek-dedek gemas masa kini. Banyak lagu dari genre pop sering membuat hati yang mendengarkan menjadi baper karena liriknya yang kadang sesuai dengan kisah cinta kita dengan si dia.

Kalimat “Lagunya aku banget” paling sering muncul ketika mendengarkan lagu pop. Meski kebanyakan lagu pop yang kita nikmati sehari-hari itu berbahasa Indonesia atau Inggris, tapi sobat harus tau bahwa ada lagu pop sunda yang liriknya bisa bikin kita baper juga lho. Penasaran lagu apa aja? Yuk, simak! Berikut adalah 5 lagu pop sunda yang bisa bikin kita baper.

Kalimat “Lagunya aku banget” paling sering muncul ketika mendengarkan lagu pop

1.    Doel Sumbang – Jol

Lukisan kang Doel Sumbang via @teddyarte

Mungkin, kebanyakan dari sobat bsco belum tahu lagu yang satu ini karena lagu pop sunda sudah sangat jarang terdengar di radio apalagi ditayangin di televisi. Lagu ini mengisahkan tentang seorang perempuan yang selalu datang lagi kepada mantannya meski sudah sering menyakiti dan mengkhianati. Gak tahu malu banget ya? Tapi anehnya si mantan tersebut selalu luluh ketika perempuan tersebut datang lagi, dia sulit untuk menutup hatinya sendiri dan rasa sakit yang dia rasakan dulu seperti menghilang seketika. Meski dia terus mencoba menutup pintu hatinya, tapi perempuan tersebut terus datang dan terus membuka paksa pintu hatinya. Hingga akhirnya pintu hati itu rusak dan akan terus terbuka selamanya.

Jol Anjeun datang deui
sanggeus sabaraha kali
ngahianat
nganyeyeri
torojol jol
anjeun datang deui jol
anjeun datang deui
kuaneh naha kuring beut lengle
hararese
nutup hate
torojol jol jol
anjeun datang deui

kukuring ditutup ku anjeun dibuka
tutup buka rusak engselna
kukuring ditutup kuanjeun dibuka
tutup buka leungit koncina
kukuring ditutup kuanjen dibuka
tutup buka lesot tolakna
kukuring ditutup kuanjen dibuka
tungtung namah panto muka salina

jol
anjeun datang deui
kungsi ngahianat kungsi
kuring lengle eleh deui
daek deui popo poek kana kanyeri

2.    Yayan J – Mawar Bodas

Kang Yayan Jatnika sedang berpose via @yayan.jatnika

Lagu ini sudah booming di seluruh tataran Sunda. Seorang lelaki yang dikisahkan di lagu ini berjuang untuk bertemu pujaan hatinya yang berada jauh di suatu desa. Meski harus melakukan perjalan jauh hingga  melewati jalan setapak, dia  tidak peduli karena ada seseorang yang ingin dia temui disana. Meski tiada tempat berteduh ketika hujan angin beserta guntur melanda, dia tak peduli. Lelaki sejati emang harus seperti itu ya, perjuangannya. Sayangnya, perjuangan lelaki tersebut menjadi sia-sia karena dambaan hatinya sudah ada yang memiliki. Perempuan emang kadang suka gitu, pas kita perjuangin eh jadiannya malah sama yang lain.

Mapay jalan satapak
Ngajugjug ka hiji lembur
Henteu karasa capena
Sabab aya nu diteang

Hujan angin dor dar gelap
Hunteu aya keur ngiuhan
Sanajan awak rancucut
Teu paduli kajeun teuing

Nu penting mah asal nepi
Ka tempat anu di tuju
Rek ngalongok mawar bodas
Nu moal lila ka ala
Sugan tea moal gagal
Kembang geus aya nu boga
Balik teh asa hoream leumpang ge asa ngalayang

Teu kasawang ti anggalna
Teu kapikir ti tadina
Lamun bakal nyeri hate
Hoream teu sudi teuing
Mikiran pipanyakiteun
Mikiran pipanyakiteun

3.    Yana Kermit – Ulah Ceurik

Foto kang Yana Kermit pake topi cowboy via @kermit_yana

Sebenarnya lagu ini termasuk lagu romantis dan cocok untuk orang yang sudah menikah. Lirik lagu ini menceritakan hubungan pernikahan yang sudah usai. Sang lelaki pada lagu ini mempersilakan si perempuan untuk mencari pasangan baru kemanapun dan kepada siapapun karena sudah tidak ada lagi ikatan diantara mereka. Kemudian dia membujuk si perempuan agar tidak menangisi semua keputusan ini dan harus ikhlas melepas status pernikahan mereka.

Cag didieu
Cag seumeut dieu
Lalakon cinta nu urang

Teup anteupkeun
Tong di guar deui
Carita cinta nu peugat

Najan ka gandrung sa gunung
Najan duriat sa jagat
Kadeudeuh nu nyangreud
Ahirna urang pipisah

Rek ka saha
Rek ka urang mana
Geura milari geuntosna

Cig ka kidul
Cig ka kaler
Ngulon ngetan moal nyaram

Tos teu aya kakaitan
Antara urang duaan
Lain anjeun lain akang
Urang geus lain lainna
Lain….

Ulah ceurik
Tong diceungceurikan
Tarimakeun janten rangda
Akang pasrah jadi duda
Da geuning kieu kuduna
Urang teu bisa kumaha

Ulah ceurik
Tong diceungceurikan
Wayahna urang papeugat
Najan hate masih beurat
Pileuleuyan, pileuleuyan
Hampura, Akang hampura

4.    Darso – Duriat

Kartun kang Darso via @ini_jhon

Sobat udah pada tau lagu yang satu ini  kan? Tapi tau ngga arti dari kata “Duriat” itu apa? Ya, duriat berarti rasa cinta. Lagu ini mengisahkan tentang rasa cinta yang teramat dalam dari seseorang untuk kekasihnya. Walaupun banyak orang yang mencoba dan mengetuk pintu hatinya, tidak ada satupun yang mampu menghilangkan rasa cintanya. Memang rasa cinta kita tidak akan pernah dipengaruhi oleh paras ataupun ditukar dengan harta karena rasa cinta datang tanpa pemaksaan.

Dina hate kuring anjeun cicing
Dina hate anjeun kuring cicing
Bener-bener henteu bisa ngejat
Dibeungkeut ku tali duriat Sanajan loba nu daratang
Pating kuriling neangan lawang
Pating kaletrok kana panto hate
Tapi ku urang teu dipalire

Duriat teu bisa digantian ku rupa
Duriat teu bisa dihilian ku harta
Duriat teu bisa di aya-aya
Duriat datang na heunteu kapaksa

Dikotretkeun dina hate tidituna
Diguratkeun dina rasa tidituna
Dibuka di baca ku urang duaan
Di jaga di riksa pinuh rasa ka heman

5.    Doel Soembang – Bulan Batu Hiu

Poster kang Doel Sumbang via @jpvectorbender

Lirik pada lagu ini menggambarkan keindahan pemandangan Pantai Batu Hiu setelah purnama. Di pantai tersebut ada sepasang kekasih yang sedang melepas rindu satu sama lain. Mereka saling mengungkapkan kerinduan yang sudah lama dipendam dan saling berikrar untuk sehidup semati karena di hati masing-masing sudah tidak ada lagi nama lain.

Bulan nu ngagantung
di langit Batu Hiu
tinggal sapasi
sesa purnama kamari

Urang duaan
anteng sosonoan
suka bungah
sagala rasa dibedah

Bulan nu ngagantung
di langit Batu Hiu
tinggal sapasi
sesa purnama kamari

Ikrar janji
sahidup samati
moal hianat
insya Allah moal pegat

Dina ruang hate
nu aya ukur salira
dina ruang hate
pasti ngan ukur salira

Bulan di langit Batu Hiu
Sesa purnama kamari
bulan sapeupeuting nyaksi
nya pangrusiah moal betus pasti

Lagu-lagunya pada bikin baper kan? Baper tidaknya tergantung suasan hati kalian juga sih. Yang penting kalian dapat mengenal lagu-lagu pop sunda yang sudah ada. Jangan Cuma mencintai si dia yang mencintai orang lain, budaya kita lebih berhak untuk dicintai dan dilestarikan. Hingga nanti saat budaya asing datang, kita bisa jadi tameng terkuat untuk mempertahankan budaya asli dataran sunda lewat apapun termasuk lagu-lagu yang kita dengarkan.

Hingga nanti saat budaya asing datang, kita bisa jadi tameng terkuat untuk mempertahankan budaya asli dataran sunda lewat apapun termasuk lagu-lagu yang kita dengarkan.

Editor : Riza D. Januar

Wawan Gunawan

Ditulis oleh Wawan Gunawan

Lihat profil lengkap