Home > rubrik > besokmakan > 7 Makanan Bahan Utama Pisang Ini Dijamin Menggiurkan Untuk Dihidangkan Saat Berbuka Puasa, Yakin Nggak Ngiler?
pisang via pixabay

7 Makanan Bahan Utama Pisang Ini Dijamin Menggiurkan Untuk Dihidangkan Saat Berbuka Puasa, Yakin Nggak Ngiler?

besoksenin.co – Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata “pisang” di bulan puasa? Pasti yang terlintas pertama kali adalah kolak, ya kan? Namun sebenarnya jika memiliki pisang di rumah atau ingin menghidangkan menu yang berbahan utama pisang saat berbuka ternyata banyak banget pilihannya lho.

Nah #besokmakan edisi kali ini akan membahas mengenai makanan yang bahan utamanya pisang, makanan tersebut dijamin menggiurkan untuk dihidangkan saat berbuka puasa. Cek satu-satu yuk, kali saja ada yang ingin kamu makan pas azan magrib nanti.

1. Kolak Pisang

sajikan kolak pisang di saat berbuka via @vinaindriana_

Makanan khas bulan puasa nih. Bahan utama pisang saat Ramadan sering digunakan untuk membuat kolak. Kolak pisang bisa ditambahkan kolang-kaling atau buah nangka agar rasanya semakin enak.

2. Pisang Goreng

bikin pisang goreng yuk! via @nindienaseba

Buah pisang tidak hanya enak dibuat kolak saja, pilihan lainnya yaitu digoreng. Cara membuatnya pun gampang, kalian hanya menambahkan tepung terigu yang dibubuhi gula pasir, lalu potong pisang sesuai selera, goreng deh hingga matang. Mudah bukan?

3. Pisang Bakar

pisang bakar dengan topping keju via @alfinazulfa91

Selain digoreng, yang lebih simpel untuk membuatnya di rumah yaitu pisang bakar. Agar lebih enak tambahkan pisang bakar dengan topping susu, keju, meses atau hanya menambahkan madu pun sudah yummy kok.

4. Pisang Cokelat

piscok si manis dari olahan pisang via @nana_jajan

Makanan olahan pisang lainnya yaitu piscok alias pisang cokelat. Piscok merupakan makanan olahan pisang yang dibalut oleh kulit lumpia dengan tambahan cokelat. Rasanya manis perpaduan antara pisang dan cokelat serta garingnya kulit lumpia menggiurkan untuk dihidangkan saat berbuka.

Baca juga: Inilah 9 Makanan dan Minuman Yang hits Saat Ramadan

5. Molen

molen pisang via @_bordam_

Lembut di dalam renyah di luar, itulah gambaran sekilas tentang molen. Jika kamu bosan dengan pisang cokelat, goreng pisang dan pisang bakar, kamu bisa menghidangkan molen untuk berbuka puasa. Hanya saja untuk membuat molen  di rumah sedikit repot ya, kalian harus punya alat untuk menggiling kulit molen. Tapi tenang saja, sekarang sudah banyak pedagang molen, jadi pas ngabuburit kamu bisa beli molen deh.

6. Bolu pisang

aku suka bolu pisang, kamu? via @nane_kitchen

Jika kita memiliki sisa buah pisang yang terlalu matang pilihan yang tepat adalah disulap menjadi bolu pisang. Bolu sederhana yang terbuat dari campuran buah pisang ini cocok juga jika dihidangkan saat berbuka puasa, proses pembuatannya pun mudah. Bolu pisang rasanya manis dan teksturnya yang padat namun lembut membuat lidahmu akan bergoyang, cobain deh!

7. Nugget Pisang

nugget pisang cocok disantap saat berbuka via @hanhanny

Olahan makanan dari pisang selanjutnya ialah nugget pisang. Dari namanya saja, kita bisa menebak jika makanan yang satu ini berbentuk seperti nugget pada umumnya yaitu makanan olahan daging giling yang berbentuk persegi. Nugget pisang renyah di luar serta lembutnya campuran buah pisangnya bisa ditambah topping cokelat, keju, ataupun rasa lainnya sangat menggiurkan jika dihidangkan saat berbuka bersama keluarga dan orang tercinta.

Buah pisang banyak disukai oleh masyarakat, selain harganya murah, pisang pun bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti tujuh makanan diatas. Nikmat dihidangkan saat berbuka puasa lho, tinggal pilih mana yang kamu suka. Nah, jika kamu memiliki makanan berbahan utama pisang lainnya bisa share di kolom komentar ya! Selamat berpuasa.

Facebook Comments

About Winda Nurfitriani

Panggil aku Siren (Si keren)

Check Also

Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Terlama Abad Ini, Selama 103 Menit!

besoksenin.co – Gerhana Bulan adalah sebuah fenomena alam ketika Bumi menghalangi cahaya Matahari, sehingga gak semuanya …