Home > rubrik > besokmakan > 9 Makanan Ini Akan Membuatmu Ingin Segera Pulang Ke Majalengka
nasi lengko via makannikmat

9 Makanan Ini Akan Membuatmu Ingin Segera Pulang Ke Majalengka

Ada banyak hal yang membuat kamu ingin segera pulang ke Majalengka. Rasa rindu biasanya menjadi penyebab utama. Bisa rindu dengan orangtua, mantan, pacar, atau bahkan rindu mantan dan pacar sekaligus? *jangan ditiru ya*.

Terlepas dari alasan diatas, makanan adalah alasan lain mengapa kamu ingin segera pulang. Walaupun makanan Majalengka bisa ditemukan dimana-mana, menyantapnya di kampung halaman akan terasa lebih nikmat.

Beberapa Makanan bisa menjadi stimulus untuk kamu segera pulang. Misalnya, ketika merantau kamu dibawakan jalakotek oleh teman yang dari Majalengka, dalam hati kamu akan berkata,

“Duh jadi inget di Majalengka” sambil ngunyah jalakotek, taunya udah habis 20,

Atau mungkin ketika kamu lagi ngelamun, tiba-tiba terlintas pikiran dan berkata,

“Duh, pengen pulang ke Majalengka. Pengen Jalakotek”

Sebenarnya bukan hanya jalakotek, ada beberapa makanan lain yang bisa menjadi stimulus kamu untuk pulang, apa aja sih?

1. Opak ketan

opak ketan via masakandapurku

Opak mungkin sering kita jumpai di daerah lain selain Majalengka, apalagi kalau ke acara hajatan di kampung. Biasanya besek/berkat nya ada opak yang besar yang kadang dijadikan hihid alias kipas kalo gerah.

Tapi opak ketan berbeda dengan opak biasanya, karena opak ini terbuat dari ketan yang dijemur hingga kering kemudian dibakar diatas bara api cemburu, sehingga membuat opak ketan ini lebih gurih dan lebih enak karena opak ini tipis.

2. Jalakotek

Jalakotek via ask.fm

Banyak yang mengira jika gambar diatas adalah pastel, cireng isi, jalangkote Makassar, itu semua salah. Karena gambar diatas adalah jalakotek yang bentuknya memang mirip seperti pastel.

Jalakotek adalah camilan khas Majalengka yang berbahan dasar aci (tepung tapioka) yang didalamnya berisi potongan kecil tahu dan wortel, tapi sekarang udah banyak varian isi jalakotek. Soal rasa? Beuh, Nendang bosque!

3. Nasi Lengko

nasi lengko via makannikmat

Nasi lengko, bentuknya gak karuan. Ya, emang makanan sunda itu kebanyakan bentuknya gak karuan. Walaupun bentuknya gak karuan tapi, kalo soal rasa juara banget deh.

Nasi lengko tuh nasi putih dengan toping tempe goreng, tahu goreng, timun mentah ketiganya dipotong kecil-kecil, toge rebus, bawang goreng, terus ditaburi dengan peanut sauce alias bumbu kacang, kemudian ditambah kecap manis dan kerupuk. Nikmat lah pokoknya, topingnya pun lebih banyak daripada toping di menu pizza hut.

4. Kerupuk Melarat

kerupuk melarat via antaranews

Kerupuk melarat, dulu memang kerupuk ini adalah cemilan favorit masyarakat melarat. Tapi sekarang, kerupuk ini sudah menjadi cemilan semua lapisan masyarakat. Bahkan banyak yang menjadikan kerupuk melarat ini sebagai buah tangan untuk dibawa ke kota.

Dulu ketika kerupuk melarat jadi primadona, bagaikan kembang desa yang selalu dilirik pemuda kampung. Kerupuk ini selalu jadi cemilan kalo lagi ngumpul. Makan kerupuk melarat akan lebih nikmat kalo pake sambel oncom.

5. Gula Cakar

Guka cakar via jitunews

Sepintas, gambar diatas terlihat seperti jajanan pasar. Tapi kamu salah, itu adalah gula, itu gula cakar namanya. Gula cakar terbuat dari gula pasir yang direbus dan dicampur pewarna makanan kemudian diberi soda.

Nah, karena dikasih soda, bentuk gula nya gak padet kaya gula merah, gula nya berongga. Jadi kalo nyeduh kopi atau teh cukup masukan gula cakar 1 atau 2 butir dan dalam hitungan detik gula itu akan menghilang berubah menjadi rasa manis.

6. Gedong Gincu

via manggagedonggincu

Gedong gincu adalah buah khas dari Majalengka. Gedong gincu tuh buah apa? Gedong gincu tuh buah mangga. Mangga bahasa sundanya tuh gedong, istilah lain dari buah (Mangga = buah, gedong ). Jadi itu adalah buah mangga gincu, mangga yang berbentuk seperti apel dan berwarna kemerahan tidak merata.

7. Jaket melinjo

jaket via masakan.my.id

Jaket? Kayak jenis pakaian yah namanya. Jaket melinjo adalah makanan yang terbuat dari kulit melinjo. Saking kreatifnya masyarakat Majalengka, kulit melinjo yang biasanya dibuang bisa diubah jadi makanan lezat. Jaket biasanya dimasak dari kulit melinjo yang isi melinjonya dipake buat jadi emping.

8. Surabi

surabi via google.com

Surabi, siapa yang gak tau makanan yang sudah terkenal hingga ke seluruh pelosok negeri ini? Walaupun makanan bisa ditemukan dimana-mana. Tapi, menyantapnya di Majalengka akan jauh lebih nikmat. Apalagi jika menyantapnya saat hujan dan surabinya masih haneut. Beeeuh!! Nikmatnya gada dua apalagi tiga bosquee.

Sebenernya ada yang khas dari surabi di Majalengka, bukan cuma karena kenangannya, tapi karena penyajian surabi yang berbeda. Jika biasanya surabi disajikan hangat2 dengan toping yang beragam, di Leuwimunding ada menu sarapan yang berbeda, yaitu surabi polos dengan kuah sayur. Tapi sayang gak ada gambarnya ya. Jadi buat kalian yang pengen nyobain, dateng aja pagi-pagi ke Leuwimunding.

9. Kadu Sinapeul

Kadu sinapeul via cirebontrust

Kadu dalam bahasa Indonesia berarti durian. Kadu sinapeul adalah durian asli Majalengka, karena didapatkan dari salah satu wilayah Majalengka yaitu daerah Sinapeul-Sindangwangi. Kalau kamu pergi dari arah Majalengka menuju Kuningan atau Cirebon lewat jalur alternatif Rajagaluh – Sumber, maka sepanjang jalan kalian akan melihat banyak penjual durian asli Majalengka itu.

Rasanya mirip kayak janji mantan gitu, ada manis-manisnya, tapi kalau kebanyakan kamu bakalan pusing :D.

Kamu punya pendapat lain? silahkan di share di kolom komentar yaa 😀

 

Tulisan diatas adalah kiriman dari akun instagram @erikichwana dan di edit oleh editor besoksenin.co. Mau tulisan kamu dimuat juga? Kirim aja ke [email protected], Jangan lupa sertakan user Instagram kamu, yaa :D. (Erik)

 

Facebook Comments

About Riza D. Januar

Cowok yang berwajah susah | Susah dilupain

Check Also

7 Makanan Bahan Utama Pisang Ini Dijamin Menggiurkan Untuk Dihidangkan Saat Berbuka Puasa, Yakin Nggak Ngiler?

besoksenin.co – Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata “pisang” di bulan puasa? Pasti yang …

48 comments

  1. Thank you ever so for you article.Thanks Again. Cool.

  2. 35IUvV I truly appreciate this article.Really thank you! Will read on

  3. y6oYuI Thanks for sharing, this is a fantastic blog article.Much thanks again. Fantastic.

  4. I really liked your post.Really thank you! Want more.

  5. Im thankful for the blog article.Really looking forward to read more. Really Great.

  6. Wow, great blog.Much thanks again. Will read on…

  7. Thanks a lot for the post.Really thank you!

  8. I truly appreciate this blog post.Thanks Again. Really Great.

  9. I really enjoy the blog article. Awesome.

  10. Thanks so much for the post.Really looking forward to read more.

  11. Im thankful for the blog article.Much thanks again. Much obliged.

  12. “I really liked your article post.Thanks Again. Cool.”

  13. Thanks again for the article.Much thanks again. Want more.

  14. You ave made some decent points there. I checked on the web to learn more about the issue and found most people will go along with your views on this site.

  15. Muchos Gracias for your blog article. Will read on…

  16. “Keep up the good piece of work, I read few articles on this site and I think that your site is really interesting and has got bands of excellent info .”

  17. Fantastic post.Really thank you! Fantastic.

  18. uvb treatment I want to write and I wonder how to start a blog for people on this yahoo community..

  19. Very informative article post.Really thank you! Awesome.

  20. Say, you got a nice blog article.Thanks Again. Want more.

  21. I cannot thank you enough for the post.Much thanks again. Great.

  22. I really enjoy the post.Really thank you! Cool.

  23. “Hi! I’m at work surfing around your blog from my new apple iphone! Just wanted to say I love reading your blog and look forward to all your posts! Keep up the outstanding work!”

  24. wow, awesome article.Really looking forward to read more. Really Great.

  25. Very neat blog article.Really thank you!

  26. Wow, great blog article.Really looking forward to read more. Really Great.

  27. Very informative post.Much thanks again. Fantastic.

  28. ขายรถแม็คโครเล็ก

    Looking around I like to browse around the web, often I will go to Stumble Upon and follow thru

  29. local seo vancouver

    rare to see a nice blog like this one today.

  30. Thanks a lot for the blog article.Thanks Again. Want more.

  31. vancouver seo services

    I seriously appreciate your posts. Many thanks

  32. vancouver seo

    There is noticeably a bundle to know about this. I assume you produced particular nice points in attributes also.

  33. seo in vancouver

    Spot on with this write-up, I actually believe this website needs far more attention. I all probably be returning to read more, thanks for the advice!

  34. cro service vancouver

    Subscribe to online newsletters from the major airlines. The opportunity savings you all enjoy will a lot more than replace dealing with more pieces of your email address contact information.

  35. seo vancouver bunch

    What as Happening i am new to this, I stumbled upon this I have found It absolutely useful and it has helped me out loads. I hope to contribute & help other users like its helped me. Good job.

  36. seo vancouver bunch

    Simply a smiling visitor here to share the love (:, btw outstanding pattern. Make the most of your regrets. To regret deeply is to live afresh. by Henry David Thoreau.

  37. sex shop new york

    This is one awesome article.Much thanks again. Really Great.

  38. cute baby clothes for boys

    Wow, this post is pleasant, my younger sister is analyzing these things, so I am going to let know her.

  39. seo vancouver

    Pretty! This has been an extremely wonderful article. Thanks for supplying this info.

  40. seo vancouver

    under the influence of the Christian Church historically.

  41. seo vancouver

    Wow! This could be one particular of the most beneficial blogs We have ever arrive across on this subject. Basically Wonderful. I am also a specialist in this topic so I can understand your hard work.

  42. seo vancouver

    Major thanks for the blog article. Really Cool.

  43. seo vancouver

    Merely a smiling visitant here to share the love (:, btw outstanding layout.

  44. Very good blog article.Really thank you! Much obliged.

  45. seo vancouver

    We stumbled over here different website and thought I should check things

  46. Affiliate programs in nigeria

    pretty practical stuff, overall I believe this is worth a bookmark, thanks

  47. Limited Edition Frederique Constant Vintage Rally Healey

    This is one awesome blog article.Thanks Again. Really Great.

Tinggalkan Balasan