Home > rubrik > besokbaper > Cewek, Jangan Cepat Menyimpulkan jika Faktanya Baru Berbentuk Hipotesis (Dugaan Sementara). Biar Gak Ge-er-an!
pexels.com

Cewek, Jangan Cepat Menyimpulkan jika Faktanya Baru Berbentuk Hipotesis (Dugaan Sementara). Biar Gak Ge-er-an!

besoksenin.co – Diawali dengan stimulus yang masuk, kemudian diolah dalam otak, sehingga ia memiliki makna. Itulah persepsi. Persepsi adalah pemaknaan. Dan cara kita memaknakan suatu stimulus, tergantung dari sudut mana kita melihat. Stimulus yang sama, dalam ruang dan waktu yang sama, ternyata bisa dipersepsi beda-beda oleh orang yang berbeda. Itulah uniknya manusia.

Carl Rogers dalam teori humanistiknya pernah berkata bahwa manusia menanggapi dunia sesuai dengan persepinya, realitas hanya sebatas persepsi subjektif yang mungkin berbeda dengan fakta sebenarnya. Ya, hanya persepsi. Selama ini yang aku rasakan, yang aku pikir itu sesuatu yang spesial pun sepertinya hanya sebatas persepsiku saja. Faktanya, nothing! Kadang kita terlalu cepat menilai dan menyimpulkan sesuatu yang belum tentu, so hasilnya pun jelas gak akan valid.

pexels.com

Kita sebagai mahasiswa selalu dididik agar berpikir rasional, ilmiah, dan objektif. Ketika akan melakukan penelitian, awali dengan melihat fenomena di lapangan, jika menemukan masalah, selanjutnya buat latar belakang masalah, kemudian diidentifikasi, dan dibuat hipotesisnya. Nah biasanya, cewek mentok di hipotesis. Padahal itu kan hanya dugaan sementara. Harusnya setelah membuat hipotesis, dilanjut lagi dengan mencari teori penunjang, ambil data, kemudian dianalisis, setelah semuanya dilalui, baru kita tarik kesimpulan.

Kalau prosesnya sesistematis kaya langkah penelitian di atas, dijamin ketika ada orang yang bertanya, jawaban kita pasti rasional, ilmiah, dan objektif. Apalagi kalo dosen yang nanya. Kita bakalan bisa mempertahankan argumen karena punya alasan yang kuat, apalagi berdasarkan teori dari para ahli.

Sayangnya, di dunia nyata semua yang kita lalui mengalir begitu saja. Gak ada perencanaan, apalagi sampai nyari-nyari teori. Tapi intinya tetap sama. Dalam menilai sesuatu jangan mentok di hipotesis, karena itu hanya dugaan sementara. Kalo mau nyimpulin harus bener-bener dianalisis dulu sesuai fakta dan data yang diperoleh.

pexels.com

Jadi, cewek gak bisa terus-terusan ngenilai cowok sebagai makhluk PHP. Padahal mungkin cowok niatnya cuma bercanda, eh ceweknya malah kegeeran duluan. Buat para cowok juga, udah tahu cewek tuh emang dari sananya gampang geeran, pake dibercandain kaya gitu lagi. Pantes aja Pak Mario bilang, kalo cewek itu selalu benar, sekalipun salah, cowok adalah penyebabnya hahaha.

Sekali lagi, itu hanya sebatas persepsi. Entah siapa yang salah, entah persepsi mana yang keliru dalam memaknakan sesuatu. Buat para cewek, geer boleh-boleh aja, asal jangan kepedean. Apalagi kalo analisis kamu mentok di hipotesis, beuuuh gak banget deh. Geer boleh-boleh aja, asal jangan keterusan. Karena papahku pernah bilang, cowok yang serius suka sama kamu tandanya cuma satu, dia akan menemui orang tuamu dan bilang akan menikahimu.

Nah buat para cowok, bercanda boleh-boleh aja asalkan harus bisa jaga perasaan. Bercanda boleh-boleh aja, asal jangan menyangkut soal cinta-cintaan. Artinya, tema candaan kamu yang umum-umum aja deh, jangan menjurus ke hal-hal yang bisa berpeluang buat bikin cewek jadi salah paham. Karena selain pake logika, cowok juga harus pake perasaan ya sob.

Facebook Comments

About Riksa Buanadewi

30 comments

  1. Looking forward to reading more. Great article.

  2. Really informative article post.Much thanks again. Keep writing.

  3. Thank you for your blog post.Really thank you!

  4. Very good blog post.Really looking forward to read more. Really Cool.

  5. Thank you for another wonderful post. Where else could anyone get that type of information in such a perfect way of writing? I have a presentation next week, and I am on the look for such information.

  6. Really appreciate you sharing this post.Thanks Again.

  7. Im obliged for the blog.Much thanks again. Keep writing.

  8. I think this is a real great article.Much thanks again. Want more.

  9. I really like and appreciate your article.Really looking forward to read more. Awesome.

  10. “We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your site provided us with valuable information to work on. You have done an impressive job and our entire community will be grateful to you.”

  11. Thanks so much for the blog post.Really thank you! Much obliged.

  12. This is one awesome blog post.Really looking forward to read more. Keep writing.

  13. Thanks for the article.Thanks Again. Awesome.

  14. I loved your blog post.Much thanks again. Great.

  15. Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your web site is fantastic, let alone the content!

  16. Im grateful for the article.Much thanks again. Cool.

  17. Very good article.Thanks Again. Really Cool.

  18. Thanks-a-mundo for the blog.Thanks Again. Cool.

  19. Hey, thanks for the blog article.Much thanks again. Fantastic.

  20. Major thanks for the blog article.Thanks Again. Much obliged.

  21. Thank you ever so for you article.Much thanks again. Will read on…

  22. Major thanks for the post.Thanks Again. Much obliged.

  23. Hiya very cool blog!! Man .. Beautiful .. Wonderful .. I’ll bookmark your web site and take the feeds also¡KI am satisfied to seek out numerous helpful info here in the put up, we need develop extra techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

  24. Major thanks for the blog article.Really thank you! Will read on…

  25. Great weblog here! Additionally your site a lot up very fast! What web host are you the use of? Can I get your associate link to your host? I wish my website loaded up as fast as yours lol

  26. hello!,I love your writing very so much! share we be in contact extra about your article on AOL? I require an expert in this house to unravel my problem. Maybe that is you! Looking ahead to see you.

  27. This design is wicked! You obviously know how to keep a reader entertained. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Wonderful job. I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

Tinggalkan Balasan