Seperti Aku dan Kamu, Kecap dan Hampas Adalah Dua Hal yang Saling Membutuhkan

Mallika? Mantan kamu? – kedelai hitam via blogspot

besoksenin.co – Mallika. Ada yang kenal sama Mallika? atau pernah kenal? Yup! Mallika ini biji kedelai yang dibesarkan seperti anak sendiri. Mallika ini cocok untuk diberikan sebagai oleh-oleh, tapi tentunya harus diolah terlebih dahulu. Kira-kira, olahan kedelai hitam khas Majalengka seperti apa ya?

“Eh, mudik ke Majalengka, ya?”

“Iya, nih. Oke, aku bawain angin, ya. Kan Majalengka kota angin”

“Ya enggak angin juga kali”

Kalau ngomongin oleh-oleh tuh emang gak ada abisnya. Mulai dari makanan sampai kerajinan dari tangan-tangan kreatif warga pribumi emang dicari banget. Apalagi lagi musim liburan, arus mudik atau arus balik lebaran. Arus balik mah biar  kendaraan aja,  kamu sama mantan mah jangan.

Kecap Maja Menjangan via wordpress

Siapa yang gak pernah nyobain kecap setetes pun? Kelewatan banget deh kalau belum nyoba hasil olahan kedelai hitam ini. Kecap itu enak, bergizi pula. Dari dulu sampe sekarang kecap emang jadi teman makan yang gak boleh kelewat buat cocol-cocolan. Mulai dari sesama olahan kedelai seperti tahu, tempe bahkan sampai daging, pasti bakalan lebih enak kalau dicocol kecap.

Kecap emang udah lama banget jadi oleh-oleh khas Majalengka lho. Selain manis, gurih, dan kental kecap khas Majalengka itu sakti karena bisa disimpan sampai dengan dua tahun. Kecap Majalengka ini dibuat dengan cara tradisional dan terbebas dari bahan pengawet kimia. Para produsen kecap di Majalengka lebih suka menambah garam dalam jumlah banyak pada proses fermentasi. Mungkin ini sebababnya kecap Majalengka masih disukai lidah masyarakat dan bisa bertahan lama dibanding hubungan kamu sama doi.

Mengolah kedelai menjadi makanan tak sampai di kecap saja, ampas kedelai pun bisa disulap enjadi makanan enak yang tak kalah bergizinya dengan makanan yang lain. Ada satu olahan kedelai yang membuat anak rantau rindu Majalengka. Apa hayo?

Awas ngiler. – hampas via @infoMJLK on twitter

Yup! Benar sekali. Hampas. Angka produksi kecap yang meningkat menyebabkan banyak sekali ampas kedelai hitam. Hampas ini jarang sekali ditemukan di daerah-daerah lain. Kadang, pada gak tahu juga apa itu hampas. Kamu harus coba karena ini enak banget dan rasanya gurih. Dari segi gizi juga masih oke. Hampas ini biasa ditemukan di bibi-bibi sayur keliling. Asal jangan salah mengolah aja, nanti jadi jauh dari enak kalo salah mengolahnya. Biasanya, hampas ditumis atau sebagai pelengkap serabi dengan ditaburkan diatasnya.

Nah, itu dia dua olahan kedelai hitam yang legendaris dari Majalengka. Kepoin terus di rubrik besokmakan-nya besoksenin.co, ya. Banyak banget makanan yang mungkin memicu kenangan bermunculan ketika kamu membacanya atau makanan yang recommended banget buat kamu makan. Asal jangan makan teman aja. Kalau mau makan teman, jangan lupa pake nasi biar kenyang.

Editor: Kuntum Mutia Umami

Nadila D.

Ditulis oleh Nadila D.

Aku adalah puisi; silakan tafsirkan sendiri.

Lihat profil lengkap