Home > rubrik > besokmakan > Seperti Aku dan Kamu, Kecap dan Hampas Adalah Dua Hal yang Saling Membutuhkan

Seperti Aku dan Kamu, Kecap dan Hampas Adalah Dua Hal yang Saling Membutuhkan

Mallika? Mantan kamu? – kedelai hitam via blogspot

besoksenin.co – Mallika. Ada yang kenal sama Mallika? atau pernah kenal? Yup! Mallika ini biji kedelai yang dibesarkan seperti anak sendiri. Mallika ini cocok untuk diberikan sebagai oleh-oleh, tapi tentunya harus diolah terlebih dahulu. Kira-kira, olahan kedelai hitam khas Majalengka seperti apa ya?

“Eh, mudik ke Majalengka, ya?”

“Iya, nih. Oke, aku bawain angin, ya. Kan Majalengka kota angin”

“Ya enggak angin juga kali”

Kalau ngomongin oleh-oleh tuh emang gak ada abisnya. Mulai dari makanan sampai kerajinan dari tangan-tangan kreatif warga pribumi emang dicari banget. Apalagi lagi musim liburan, arus mudik atau arus balik lebaran. Arus balik mah biar  kendaraan aja,  kamu sama mantan mah jangan.

Kecap Maja Menjangan via wordpress

Siapa yang gak pernah nyobain kecap setetes pun? Kelewatan banget deh kalau belum nyoba hasil olahan kedelai hitam ini. Kecap itu enak, bergizi pula. Dari dulu sampe sekarang kecap emang jadi teman makan yang gak boleh kelewat buat cocol-cocolan. Mulai dari sesama olahan kedelai seperti tahu, tempe bahkan sampai daging, pasti bakalan lebih enak kalau dicocol kecap.

Kecap emang udah lama banget jadi oleh-oleh khas Majalengka lho. Selain manis, gurih, dan kental kecap khas Majalengka itu sakti karena bisa disimpan sampai dengan dua tahun. Kecap Majalengka ini dibuat dengan cara tradisional dan terbebas dari bahan pengawet kimia. Para produsen kecap di Majalengka lebih suka menambah garam dalam jumlah banyak pada proses fermentasi. Mungkin ini sebababnya kecap Majalengka masih disukai lidah masyarakat dan bisa bertahan lama dibanding hubungan kamu sama doi.

Mengolah kedelai menjadi makanan tak sampai di kecap saja, ampas kedelai pun bisa disulap enjadi makanan enak yang tak kalah bergizinya dengan makanan yang lain. Ada satu olahan kedelai yang membuat anak rantau rindu Majalengka. Apa hayo?

Awas ngiler. – hampas via @infoMJLK on twitter

Yup! Benar sekali. Hampas. Angka produksi kecap yang meningkat menyebabkan banyak sekali ampas kedelai hitam. Hampas ini jarang sekali ditemukan di daerah-daerah lain. Kadang, pada gak tahu juga apa itu hampas. Kamu harus coba karena ini enak banget dan rasanya gurih. Dari segi gizi juga masih oke. Hampas ini biasa ditemukan di bibi-bibi sayur keliling. Asal jangan salah mengolah aja, nanti jadi jauh dari enak kalo salah mengolahnya. Biasanya, hampas ditumis atau sebagai pelengkap serabi dengan ditaburkan diatasnya.

Nah, itu dia dua olahan kedelai hitam yang legendaris dari Majalengka. Kepoin terus di rubrik besokmakan-nya besoksenin.co, ya. Banyak banget makanan yang mungkin memicu kenangan bermunculan ketika kamu membacanya atau makanan yang recommended banget buat kamu makan. Asal jangan makan teman aja. Kalau mau makan teman, jangan lupa pake nasi biar kenyang.

Editor: Kuntum Mutia Umami

Facebook Comments

About Nadila D.

Aku adalah puisi; silakan tafsirkan sendiri.

Check Also

Ayu Asmiati, Pewaris Tari Kedempling Tarian Asli Majalengka

besoksenin.co – Hai sobat bsco, kali ini kita akan kenalan dengan seorang penari asli Majalengka …

29 comments

  1. Get Discount Generic Direct Elocon Allergy Internet No Script Needed generic cialis canada Pfizer Website Viagra Sales Viagra Les Effets Amoxicillin Sinus Infections

  2. Enjoyed every bit of your article.Really looking forward to read more. Awesome.

  3. Wow, great article.Thanks Again. Keep writing.

  4. “Greetings from Florida! I’m bored at work so I decided to check out your blog on my iphone during lunch break. I love the knowledge you provide here and can’t wait to take a look when I get home. I’m surprised at how quick your blog loaded on my cell phone.. I’m not even using WIFI, just 3G.. Anyhow, superb blog!”

  5. I really enjoy the blog post.Much thanks again.

  6. Im obliged for the article post.Thanks Again. Fantastic.

  7. “Hello! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to look it over. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Excellent blog and brilliant design.”

  8. I cannot thank you enough for the post. Really Great.

  9. Thank you for your article. Fantastic.

  10. Thank you for your article.Really looking forward to read more. Want more.

  11. Thanks for the blog article.Really thank you!

  12. “I cannot thank you enough for the post.Thanks Again. Cool.”

  13. I truly appreciate this article.Thanks Again. Really Cool.

  14. “Thanks for sharing, this is a fantastic post.Thanks Again. Much obliged.”

  15. Hey, thanks for the blog.Much thanks again. Will read on…

  16. I really like and appreciate your post.Much thanks again. Keep writing.

  17. A big thank you for your blog post.Really looking forward to read more. Cool.

  18. Very good blog post.Much thanks again. Really Cool.

  19. “I cannot thank you enough for the blog post.Really looking forward to read more. Much obliged.”

  20. I cannot thank you enough for the blog article.Thanks Again. Awesome.

  21. Great, thanks for sharing this article.Really thank you! Will read on…

  22. Thanks for sharing, this is a fantastic article.Really looking forward to read more. Cool.

  23. I really enjoy the blog post.Really thank you! Will read on…

  24. Really informative blog article.Really looking forward to read more. Will read on…

  25. I really like and appreciate your post.Really looking forward to read more. Really Great.

  26. Thanks so much for the blog post.Thanks Again. Really Great.

Tinggalkan Balasan