Tahu 7 Lagu Kaulinan Ini? Pasti Kamu Bacanya Sambil Bernyanyi

besoksenin.co – Bermain dan bernyanyi adalah dua hal yang berkaitan erat dengan kegembiraan. Maka menghadirkan kegembiraan melalui nyanyian permainan tradisional khas barudak Sunda juga bukan sebuah hal  yang tidak asing bagi kita. Mungkin ada diantara sobat Bsco saat membaca tulisan ini tanpa sadar membaca sambil bernyanyi. Trus inget, dulu pas maen ini pernah nyubit temennya sekenceng-kencengnya dengan watados alias wajah tanpa dosa.

Nah…tidak perlu berlama-lama lagi, yuk kita bernyanyi sambil membaca tulisan ini. Kalau kamu anak kekinian yang belum pernah tahu apalagi nyanyiin lagu ini. Bisa searching atau tanya mama dan papa nya ya.

1. Paciwit-Ciwit Lutung

Paciwit-ciwit - Detrsistria
Cubit-cubitan via intagram @desttristria

Paciwit-ciwit sendiri artinya adalah cubit-cubitan, tepatnya saling mencubit punggung tangan. Lirik yang dinyanyikan biasanya ada yang berbeda-beda. Kalau penulis sendiri, liriknya seperti yang pertama berikut :

Paciwit-ciwit lutung, Pagaber-gaber gacle
atau
Paciwit-ciwit lutung si lutung pindah ka luhur

So…buat kalian yang pernah main permainan satu ini sambil bernyanyi. Selamat! Anda mungkin baca ini sambil nyanyi trus tanpa sadar praktekkin ke tangan mantan sendiri.

2. Punten

Sekilas kamu bisa menyanyikan lagu ini sambil nge-rap. Bagi beberapa orang lagu ini biasa dinyanyikan saat bermain berdua bersama teman. Baik pake gerakan tangan atau hanya sekedar nyanyi bersama sebelum masuk ke kelas. Atau saat ada yang iseng pas bilang punten (permisi).

Kalau kamu hafal coba baca sambil nyanyiin deh.

Punten mangga
Ari ca –gatot kaca
Ari ca–cau Ambon
Ari bon- bonteng asak
Ari sak – sakit perut
Ari ru – rujak asem
Ari sem – sempal sempil
Ari pil – pilem rame
Ari me – meja makan
Ari kan –kantong kosong
Ari song – songsong lampu
Ari pu –puak peok
Ari wok – wok delewok

Begitulah kira-kira liriknya. Tapi pas baris ‘ari pu…’ kamu juga bisa meneruskan dengan kata pulau Bali. kemudian disambung lagi ‘ari li…’ silahkan lanjut sendiri semaumu yang kira-kira ada 4 engang (ekasuku).

3. Bangbang Kalima Gobang

kids smile via pixabay
Bergembira menyusuri sawah via pixabay

Hampir sama dengan lagu sebelumnya, hanya saja perbedaanya terletak pada pengulangannya dibagian akhir. Beginilah kira-kira liriknya :

Bang-bang kalima gobang..bang
Bangkong ditengah sawah…wah
Wahai tukang bajigur..gur
Guru sakola desa..sa
Saban poe diajar..Jar
Jarum patumpang tulis…lis
Lisung sagede halu…lu
Luhur kapal udara…ra
Ragrag di Jakarta…ta
Tahun opat puluh genep…nep
Nepi ka epit dames…mes
Mesin paranti ngaput..put
Putat paranti madang…dang
Kidang paranti nyate…te
Teang sawah koneng..neng
Nengkol ka jalan gede…de
Deon-deon anak Ma Onde

Nah pas kamu nyanyiin…pasti ada yang beda liriknya ya. Begitulah orang Sunda, kreatif pisan! Kamu juga bisa buat liriknya sendiri lho.

4. Hompimpah

hompimpah
hompimpah via pinterest

Semuanya sudah pasti tahu dong apa itu hompimpah. Barudak Sunda biasanya menyanyikan lagu pendek ini untuk menentukan siapa yang jadi ucing atau yang bertugas jada dalam permainan. nah kalau udah ada aba-aba hompimpah berarti ada kompetisi menang kalah.

Hompimah alaihum gambreng. Ma Ijah make baju rombeng

Hayoo…kamu pasti seringnya yang jadi ucing ya? gara-gara kalah hompimpah

5. Cang Kacang Panjang

Sama halnya dengan hompimpah, lagu kacang panjang ini juga untuk menentukan siapa yang akan jadi petugas alias jadi ucing.

Cang kacang panjang , anu panjang ucing

6. Ucang-Ucang Angge

ucang-ucang via pexels
Ucang-ucang kaki via pexels

Ini dia senjata paling ampuh buat ngedengerin ketawanya anak kecil yang khas itu. Kamu duduk dan pastikan kakimu bisa berayun. Sambil menyanyikan lagu ini, dijamin anak kecil itu sedikit terpingkal dibuatnya. Jurus ampuh pedekate buat anak muda  kecil.

Cang Ucang-ucang angge
Mulung muncang ka parangge
Digogog ku anjing gede
Anjing gede nu pa lebe
Ari gog, gog cungungung

7. Oray-orayan 

oray-orayan @fadilelfadine
oray-orayan via instagram @fadilelfadine

Oray-orayan dalam bahasa Indonesia berarti permainan ular-ularan. Permainan ini semakin seru kalau dimainkan banyak orang. Karena jaman dulu boro-boro nyimpen lagu di handphone, ya..handphone aja gak punya. Tentunya, serunya anak bermain itu ya sambil bernyanyi. Beginilah kira – kira liriknya

Oray-orayan, luar leor mapay sawah.

Tong kasawah, sawahna keur sumedeng beukah

Mending ge ka leuwi, di leuwi loba nu mandi

Saha nu mandi? anu mandina pandeuri

Nah mungkin itu saja ya sobat Bsco, selamat membaca sambil menyanyi dan bernyanyi sambil bermain. Asal jangan main hati dan jangan main api. Klik like, comment and share ya.

Editor : Riza D. Januar

Ita Nita Amaliya

Ditulis oleh Ita Nita Amaliya

Kata mereka aku selalu diam-diam memperhatikan, sekali didapatkan sulit dilepaskan.

Lihat profil lengkap